Ketika Jokowi Traktir Para Ulama Sumatera Barat Makan Siang di Restoran Padang

Ketika Jokowi Traktir Para Ulama Sumatera Barat Makan Siang di Restoran Padang


Presiden Joko Widodo mengajak ulama untuk makan siang bersama di Restoran Pauh Piaman usai melaksanakan Salat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat.

Jumat (9/2/2018) untuk menuju tempat makan tersebut, Jokowi bersama ulama Sumatera Barat menggunakan bus, dimana lokasi restoran dan masjid tidak terlalu jauh.

Presiden tidak menaiki mobil kepresidenan Indonesia-1. Bersama para ulama, Presiden Jokowi menumpang bus yang sebelumnya digunakan rombongan ulama.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno juga ikut dalam rombongan itu. Mobil RI-1 berada di belakang bus mengikutinya.

Presiden Jokowi tampak duduk di kursi penumpang paling depan sebelah kiri. Sementara para ulama duduk di sisi kanan dan belakangnya. Mereka tampak berbincang hangat.

Tema perbincangan mulai dari pembangunan Masjid Raya Sumbar yang tinggal tahap penyempurnaan hingga mengenai kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Afghanistan beberapa waktu lalu.

Salah satu yang dibahas yakni soal foto Presiden Jokowi yang menjadi imam salat dzuhur dan foto lainnya pada rentang waktu yang bersamaan saat Presiden Jokowi menjadi makmum.

Bincang-bincang Presiden dengan ulama tampak hangat, penuh tawa dan canda. Setelah santap siang, Presiden berfoto bersama para ulama.

Sesampainya di restoran Pauh Piaman, Jokowi bersama ulama langsung menuju lantai dua untuk menyantap makan siang dengan menu khas padang seperti rendang, ayam pop, ikan bakar dan lain sebagainya.

Sekitar 25 menit berlalu, Jokowi beserta para ulama keluar restoran dan Presiden melanjutkan agenda berikutnya yaitu bertemu rektor Universitas Negeri Padang.

Presiden Joko Widodo juga menyerahkan 18 sertifikat tanah untuk rumah ibadah di Masjid Raya Sumatera Barat.

Pemberian sertifikat tanah dilakukan setelah Presiden bersama rombongan melaksanakan Salat Jumat di masjid tersebut.

"Pada siang hari ini, kami akan menyerahkan 18 sertifikat untuk masjid, musala, surau yang ada di Sumatera Barat," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil sudah diperintahkan untuk segera mengeluarkan sertifikat tanah masjid, musala dan surau di seluruh Sumatera Barat maksimal 2 tahun.

Jokowi menjelaskan, dengan memiliki sertifikat tanah maka sengketa akan hilang karena sudah memiliki tanda bukti hukum yang sah.

"Di banyak tempat saya mendengar, dapat informasi, tanah-tanah wakaf ini kalau tidak disertifikatkan, maka sengketa lahan atau tanah bisa terjadi. Nanti ini (sertifikat) akan dilakukan diseluruh provinsi, ini tanggung jawab menteri BPN," tutur Jokowi.

Pada kesempatan itu, mantan wali kota Solo juga menyampaikan agar masyarakat Sumatera Barat tetap menjaga persaudaraan dan persatuan, dimana Indonesia memiliki 714 suku, 1.100 lebih bahasa daerah dan terdiri dari beberapa agama.

"Kenapa ini disampaikan dimana-mana, untuk menjaga persaudaraan, kesatuan, persatuan karena kita berbeda-beda," ucap Jokowi.

Selain membagikan sertifikat tanah, Jokowi juga meresmikan dimulainya pekerjaan ruas tol Padang- Sicincin.

Ruas tol yang dikerjakan Hutama Karya ini, ditargetkan bisa beroperasi di tahun 2023.

Ruas Tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru merupakan bagian dari 24 ruas yang ada terdapat pada Jalan Tol Trans-Sumatera.

"Insya Allah kalau dimulai awal 2018 mungkin selesai nya 2023," kata Jokowi.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), I Gusti Ngurah Putra menjelaskan bahwa pihaknya siap memulai dan menyelesaikan ruas ini sesuai target.

"Padang-Bukittinggi-Pekanbaru nantinya akan membentang sepanjang kurang lebih 244 km. Kita mulai dari Padang ke Sicincin sepanjang 28 km," ungkapnya.

Putra memaparkan bahwa total investasi Padang-Bukittinggi Pekanbaru adalah Rp 78,095 triliun.

"Untuk tahap pertama Padang-Sicincin sendiri kurang lebih sekitar Rp 4,88 triliun," imbuh Putra.

Putra menambahkan, jalan tol Trans-Sumatera merupakan salah satu mega-proyek yang sangat strategis keberadaannya untuk memaksimalkan konektivitas antar daerah di Sumatera yang pada gilirannya akan membawa pertumbuhan ekonomi baik regional maupun nasional. photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif Ibcqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About Lisa Wilona

    Blogger Comment
    Facebook Comment