Benda yang Dilempar Hilang Tak Kembali, Fenomena Air Terjun 'Devil's Kettle' Masih jadi Misteri

Benda yang Dilempar Hilang Tak Kembali, Fenomena Air Terjun 'Devil's Kettle' Masih jadi Misteri


Ada yang pernah dengar kisah misterius dari air terjun Devils Kettle? Biasanya, air terjun mengalir dari atas dan jatuh ke sungai di bawahnya.

Namun, tidak demikian dengan air terjun di Minnesota ini. Salah satu dari air terjunnya jatuh bukan ke sungai dan hilang entah ke mana.

Dari sekian banyak air terjun di dunia, Devil's Kettle adalah yang paling misterius hingga membingungkan para ahli geologi.

Terletak di area Taman Nasional Judge Magney, di Grand Marais Minnesota, AS, tepatnya berada di lepas pantai utara danau Superior, terdapat sebuah sungai bernama Sungai Brule yang mengalir melalui area taman.

Air sungai ini menciptakan banyak aliran air, termasuk air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 800 kaki.

Dari sekian banyak air terjun yang terbentuk, ada satu yang paling aneh dan misterius.

Air terjun ini terbelah dua karena ada batu besar menonjol di tengahnya. Satu dari cabang air terjun yang ada di sebelah timur, airnya menuju langsung ke Danau Superior.

Sedangkan yang satunya lagi, yang berada di sebelah barat, airnya jatuh ke dalam lubang raksasa dan menghilang.

Tidak ada yang tahu ke mana air terjun itu bermuara. Lubang itulah yang disebut dengan Devil's Kettle atau 'ketel setan',(19/3/2018).

Banyak penelitu sudah berusaha memecahkan teka-teki ini selama bertahun-tahun, tapi masih belum berhasil.

Mereka menjatuhkan pewarna ke dalam air, bola pingpong, batang kayu dan benda-benda lainnya ke dalam lubang Devil's Kettle, namun semua sia-sia.

Benda-benda yang tadi dilempar tidak muncul lagi setelah masuk ke dalam lubang tersebut. Satu di antara percobaan yang paling terkenal adalah melemparkan bola pingpong.

Pada setiap bola yang dilempar, terukir nomor telepon yang tidak bisa dihapus meskipun terkena air.

Tujuannya, jika ada orang yang menemukan bola tersebut maka harus menghubungi nomor yang tertera dan akan mendapat hadiah.

Sayangnya, tak satu panggilan pun masuk untuk mengklaim hadiahnya. Jika dilogika, seharusnya ada jalur keluar di suatu tempat, di bawah danau Superior.

Banyak teori pun bermunculan untuk menjelaskan misteri lubang ini. Beberapa menyebutkan ada sungai bawah tanah, sedangkan yang lain percata ada tabung lava terbentuk ketika batu pertama dipadatkan.

Namun, kedua teori itu tidak teruji dan dianggap salah. Teori keberadaan sungai bawah tanah disalahkan oleh ahli geologi karena formasi geologi semacam itu hanya terjadi pada jenis batuan yang lembut, seperti batu kapur.

Daerah di sekitar Devil's Kettle berupa batu yang jenisnya jauh lebih keras.Selain itu, keberadaan tabung lava jauh di dalam air terjun jelas tidak mungkin.

Pasalnya, dari ratusan batuan basal yang terbentuk oleh letusan gunung berapi di Minnesota, tidak ada tabung lava yang pernah ditemukan.

Akhirnya, pada Februari 2017, misteri hilangnya air yang jatuh dari air terjun ini mulai menemukan sedikit titik terang.

Tim ahli hidrologi dari Departemen Sumber Daya Alam Minnesota mengukur laju alir air di atas Devil's Kettle dengan kecepatan 123 kaki kubik per detik.

Airnya mengalir setinggi 121 kaki kubik per detik sejauh ratusan meter di bawah air terjun.Menurut ahli hidrologi Jeff Green, tidak ada air yang menghilang di bawah ketel..

Untuk mengkonfirmasikan teori ini, para periset berencana melakukan tes pewarna di mana mereka akan menuangkan pewarna sayuran ke dalam lubang dan memantau di mana air tersebut muncul kembali.

Tapi para periset tidak pernah kembali lagi karena menurut mereka "tidak ada alasan ilmiah yang signifikan" atas misteri air terjun ini, kata seorang manajer Taman Nasional, Pete Mott.

Mengenai barang-barang yang telah hilang saat dilemparkan ke dalam lubang, Green menjelaskan bahwa arus sirkulasi yang kuat membuat barang-barang itu hancur atau ditahan di bawah air sampai mereka muncul kembali di hilir pada suatu waktu. photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif Ibcqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About Lisa Wilona

    Blogger Comment
    Facebook Comment