Nenek yang Diduga Telantarkan Lima Anak Adopsi Bocah Kurang Mampu Secara Ilegal

Nenek yang Diduga Telantarkan Lima Anak Adopsi Bocah Kurang Mampu Secara Ilegal


Wanita berinisial CW (60) yang diduga menelantarkan lima anak asuhnya, mengadopsi anak-anak dari keluarga yang kurang mampu, bukan melalui panti asuhan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu mengatakan, meski CW mengadopsi FA (13), RW (14), OW (13), TW (8), serta EW (10), ia tak mengurus dokumen anak-anak tersebut, sehingga mereka tak mengenyam pendidikan sejak diadopsi.

"Sistem pengadopsian dari masyarakat tetapi tidak melaui proses dokumen yang sah. Makanya ada penelantaran dan perlakuan diskriminatif dan masalah pengasuhan hak asuh anak," ungkap Roma saat ditemui di kawasan Menteng, Jumat (2/3/2018).

CW diketahui kerap berpindah-pindah hotel yang dijadikan sebagai tempat tinggal. Hal itu dilakukan dalam rangka mengasuh anak-anak.

"Motif dia untuk mengasuh anak-anak itu. Kemudian membebaskan sejak kecil, sejak dia diambil dari ortunya. Kami masih lakukan pendalaman dan penyelidikan terkait motifnya. Kemudian juga anak-anak untuk diapakan. Selanjutnya kita dalami motif itu. Nanti kalau sudah diperiksa utuh dan tidak terpotong-terpotong, kami akan sampaikan ke media," paparnya.

Roma Hutajulu mengatakan CW hingga saat ini masih berstatus sebagai saksi. Kemarin CW sempat menjalani pemeriksaan. Meski begitu, pihaknya menghentikan proses tersebut lantaran CW kelelahan lantaran faktor usia.

"Kan dia masih saksi ya, hari ini ada pemeriksaan lanjutan kepada CW. Karena umurnya 60 tahun maka dia alami kelelahan, jadi kami hentikan," ucap Roma.

Selain memeriksa CW, polisi juga masih menunggu hasil observasi dan assessment yang dilakukan oleh Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kementerian Sosial, yang dilakukan oleh lima anak asuh CW.

"Karena assessment tidak cepat. Karena anak-anak kan baru kita temptkan di rumah aman Bambu Apus dalam rangka observasi, dan assessment membutuhkan beberapa hari dan faktor psikologi dari anak-anak itu. Nanti P2TP2A akan menyampikan hasilnya. Bagaimana hasil pemeriksan nanti," jelasnya.

Sebelumnya, CW diamankan bersama empat anak berinisial RW (14), OW (13), TW (8), serta EW (10), di salah satu hotel di kawasan Menteng, Rabu (28/2/2018). CW diduga menelantarkan anak-anak tersebut sejak umur 2 tahun. photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif Ibcqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About Lisa Wilona

    Blogger Comment
    Facebook Comment