Cium pekerja perempuan di depan umum, Presiden Duterte dikecam

Cium pekerja perempuan di depan umum, Presiden Duterte dikecam


Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, memicu kecaman karena mencium seorang pekerja migran asal Filipina di bibirnya dalam sebuah acara yang disiarkan langsung.

Saat menyampaikan pidato di Korea Selatan, Duterte memanggil dua perempuan ke atas panggung dan salah seorang berhasil diyakinkannya untuk mau berciuman di bibir.

Adegan itu mengundang sorak sorai di kalangan hadirin, yang sebagian besar adalah para pekerja migran Filipina di luar negeri atau OFW.

Namun kelompok pegiat perempuan, Gabriela, menyebut ciuman itu sebagai 'teater yang menjijikkan dari seorang presiden misoginis (yang memandang rendah perempuan)'.

Pekerja perempuan yang berciuman dengan Presiden Duterte itu belakangan mengatakan 'tidak ada maksud buruk' dari ciuman tersebut.

Bukan pertama kalinya Duterte dituduh berperilaku buruk atas perempuan.

Walau ada rangkaian tuduhan misoginis atas presiden, dia tetap populer di kalangan warga Filipina dan juga para pekerja migran Filipina di luar negeri.

Pekerja migran yang saya temui mengatakan mereka suka dengan Duterte karena dia menampilkan citra Filipina yang kuat dan tegas. Duterte juga dianggap sebagai figur ayah yang menjaga negara dan anak-anaknya saat mereka bekerja di luar negeri.

Dalam satu kesempatan di Inggris, saya bertemu dengan seorang perawat Filipina yang bekerja di sebuah rumah sakit di London. Dia mengatakan bahwa media Barat berpikir tidak adil atas presiden mereka dan tidak melaporkan berita tentangnya secara akurat.

Para pengkritik pemerintah mengatakan banyak pekerja migran yang menjadi sasaran oleh para penulis blog yang pro-pemerintah di media sosial. Mereka juga berpendapat pesan-pesan di Facebook dan Twitter mencerminkan citra gemerlap presiden yang tidak akurat. photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif Ibcqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About Lisa Wilona

    Blogger Comment
    Facebook Comment