Prestasi KPK China Dalam Menumpas Korupsi Pejabat

Prestasi KPK China Dalam Menumpas Korupsi Pejabat


Pimpinan lembaga antikorupsi Partai Komunis China mengumumkan bahwa 5.419 pejabat terjaring operasi yang digelar selama bulan Agustus 2017.

Para pejabat tersebut terlibat dalam 3.859 kasus, demikian pernyataan Inspektorat Disiplin Komite Pusat (CCID) Partai Komunis China sebagaimana dikutip Xinhua.

Pemberian bonus yang tidak sah mendominasi kasus pelanggaran para pejabat. Diikuti dengan memberi dan menerima suap serta menyalahgunakan kendaraan bermotor yang dibeli dengan uang negara.

Secara keseluruhan selama periode delapan bulan pada 2017 tercatat sebanyak 40.818 pejabat terlibat dalam 28.965 kasus,  demikian data CCID.

Pada akhir 2012, partai berkuasa di China itu telah menerbitkan delapan pasal peraturan penghematan anggaran untuk menghindari tindakan penyalahgunaan.

CCID memiliki sistem laporan bulanan implementasi peraturan tersebut di lingkungan pejabat pemerintah provinsi, pejabat lembaga pemerintah, pengurus Komite Pusat PKC, direksi dan pimpinan badan usaha milik negara serta pimpinan perusahaan keuangan setempat.

Mantan Ketua Dewan Penasihat PKC Provinsi Hubei, Liu Shanqiao, dipecat dari jajaran pengurus PKC dan diberhentikan dari jabatan publik atas kasus korups.

Liu sedang menghadapi pemeriksaan atas tuduhan membantu beberapa orang mendapatkan jabatan dengan imbalan tertentu.

Sebagai seorang pengurus senior PKC, dia telah kehilangan kepercayaan di internal partai tersebut, demikian pernyataan CCID.Sebelumnya buronan paling dicari karena terlibat kasus korupsi akhirnya kembali ke China dan langsung menyerahkan diri kepada pihak kepolisian.

Wang Linjuan (37), mantan asisten manajer kantor pos dan logistik cabang Provinsi Guangdong, melarikan diri ke Kanada pada bulan Desember 2011, setelah diduga menyalahgunakan anggaran pemerintah.

Pada bulan April 2015, Interpol mengeluarkan surat perintah penangkapan atau "red notice" terhadap 100 buronan kasus korupsi di China.

Kebanyakan dari buronan korupsi tersebut adalah mantan pejabat dan pegawai pemerintahan serta badan usaha milik negara setempat.

Wang merupakan orang ke-45 yang kembali ke nergaranya untuk menyerahkan diri sehingga masih ada 55 orang lagi yang bersembunyi di luar negeri.





photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif Ibcqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About Lisa Wilona

    Blogger Comment
    Facebook Comment