Gemar Makan Mi Instan Campur Nasi, Waspada Penyakit Berbahaya Ini Akan Mengintai

Gemar Makan Mi Instan Campur Nasi, Waspada Penyakit Berbahaya Ini Akan Mengintai


Mi instan tampaknya menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.  Tak hanya rasanya yang enak, pembuatannya yang mudah dan praktis ini juga menjadi faktor lain orang senang mengonsumsinya.

Banyak juga yang memakan Mi instan sebagai pengganti lauk yang dibarengi dengan nasi. Tapi ternyata, makan mi instan yang dibarengi dengan nasi memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Hal tersebut dinyatakan oleh ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., saat diwawacarai.

"Mi instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya dimakan bersama, gula darah akan cepat naik," kayanya.

Selain itu, konsumsi mi instan yag dicampur nasi malah akan membuat tubuh hanya terisi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula.

Sehingga tubuh akan kekurangan zat gizi, seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak.

"Sudah makan nasi ditambahin lagi mi instan, itu parah. Jadi double karbohidrat," ujar dokter dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi tersebut.

Lebih bahaya lagi, jika konsumsi mi dan nasi dilakukan terlalu sering maka akan meningkatkan risiko diabetes.

"Penyakit yang akan cepat datang itu seperti diabetes, kencing manis, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan peningkatan gula darah," terangnya.

Oleh karena itu, dokter menganjurkan agar baiknya kita mengonsumsi salah satunya saja dalam sekali waktu.

Sebab baik mi instan atau nasi, keduanya sama-sama karbohidrat sehingga jika dua-dua nya dimakan secara bersamaan malah akan terlalu berlebihan di tubuh. photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif Ibcqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About Lisa Wilona

    Blogger Comment
    Facebook Comment